· The past experience of mandkind
·
Menurut sayyid quthub sejarah adalah tafsiran
peristiwa
·
Menurut ibnu khaldun sejarah sebagai ilmu
·
Sejarah: adalah rekaman peristiwa di masa
lampau
· Sejarah Pendidikan: adalah proses munculnya
kesadaran akan pentingnya pendidikan sejak dahulu hingga sekarang
·
Sejarah Islam: sejarah yang menerangkan
kehidupan agama islam sejak nabi adam hingga Rasulullah SAW.
Sejarah Pendidikan Islam: keterangan mengenai pertumbuhan dan
perkembangan pendidikan Islam dari waktu ke waktu yang lain, sejak zaman
lahirnya islam sampai dengan masa sekarang dan Cabang ilmu pengetahuan yang
berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam, baik dari
segi ide dan konsepsi maupun segi institusi dan operasionalisasi sejak zaman
nabi Muhammad saw sampai sekarang (zuhairini);
·
Sedangkan metode yang dipakai dalam
penggalian penulisan sejarah pendidikan islam ada tiga yaitu:
o
Metode lisan: metode ini melacak suatu obyek sejarah dengan menggunakan interview
o
Metode dokumentasi: dalam hal ini obyek
sejarah diamati secara langsung
o
Metode observasi: dimana dengan metode ini
berusaha mempelajari secara cermat dan mendalam segala catatan atau dokumen
tertulis
·
Obyek kajian sejarah pendidikan islam adalah fakta-fakta
pendidikan islam berupa informasi tentang pertumbuhan dan perkembangan
pendidikan islam baik formal, informal dan non formal
·
Mengenai metode sejarah pendidikan islam,
walaupun terdapat hal-hal yang sifatnya khusus, berlaku kaidah-kaidah yang ada
dalam penulisan sejarah
o
menguasai alat-alat
analisis untuk menilai kebenaran materi-materi sebenarnya
o
mempunyai sesuatu
kerangka berpikir kritis baik dalam mengkaji materi
o
Untuk memahami sejarah
pendidikan islam diperlukan suatu pendekatan atau metode yang bisa ditempuh
adalah keterpaduan antara metode deskriptif, metode komparatif dan metode
analisis sistensis
·
Rasulullah SAW sebagai
tokoh sejarah pendidikan islam
·
ôs)©9 tb%x. öNä3s9 Îû ÉAqßu «!$# îouqóé& ×puZ|¡ym `yJÏj9 tb%x. (#qã_öt ©!$# tPöquø9$#ur tÅzFy$# tx.sur ©!$# #ZÏVx. ÇËÊÈ
·
21. Sesungguhnya Telah ada pada (diri) Rasulullah
itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat)
Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.
·
ö@è%
bÎ) óOçFZä. tbq7Åsè? ©!$# ÏRqãèÎ7¨?$$sù ãNä3ö7Î6ósã ª!$# öÏÿøótur ö/ä3s9 ö/ä3t/qçRè 3 ª!$#ur Öqàÿxî ÒOÏm§ ÇÌÊÈ
·
31.
Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku,
niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun
lagi Maha Penyayang.
·
ö@è% $ygr'¯»t ÚZ$¨Z9$# ÎoTÎ) ãAqßu «!$# öNà6ös9Î) $·èÏHsd Ï%©!$# ¼çms9 Ûù=ãB ÏNºuq»yJ¡¡9$# ÇÚöF{$#ur ( Iw tm»s9Î) wÎ) uqèd ¾Çósã àMÏJãur ( (#qãYÏB$t«sù «!$$Î/ Ï&Î!qßuur ÄcÓÉ<¨Y9$# ÇcÍhGW{$# Ï%©!$# ÚÆÏB÷sã «!$$Î/ ¾ÏmÏG»yJÎ=2ur çnqãèÎ7¨?$#ur öNà6¯=yès9 crßtGôgs? ÇÊÎÑÈ
·
158.
Katakanlah: "Hai manusia Sesungguhnya Aku adalah utusan Allah
kepadamu semua, yaitu Allah yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada
Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, yang menghidupkan dan mematikan, Maka
berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, nabi yang ummi yang beriman kepada
Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya) dan ikutilah Dia, supaya
kamu mendapat petunjuk".
·
Dengan mengkaji sejarah akan bisa memperoleh informasi tentang
pelaksanaan pendidikan islam dari zaman Rosulullah sampai sekarang mulai dari
pertumbuhan, perkembangan, kemajuan, kemunduran, dan kebangkitan kembali
tentang pendidikan islam
·
Dari sejarah dapat diketahui segala sesuatu yang terjadi dalam
penyelenggaraan pendidikan islam dengan segala ide, konsep, intitusi, sistem,
dan operasionalisnya yang terjadi dari waktu ke waktu, jadi sejarah pada
dasarnya tidak hanya sekedar memberikan romantisme tetapi lebih dari itu
merupakan refleksi historis. Dengan demikian belajar sejarah pendidikan islam
dapat memberikan semangat (back projecting theory)
·
Kegunaan sejarah pendidikan islam dari segi akademis:
o
Mengetahui dan memahami pertumbuhan dan perkembangan pendidikan
islam, sejak zaman lahirnya sampai masa sekarang
o
Mengambil manfaat dari proses pendidikan islam, guna memecahkan
problematika pendidikan islam pada masa kini
o
Memiliki sikap positif terhadap perubahan-perubahan dan
pembaharuan-pembaharuan sistem pendidikan islam
·
Ilmu yang erat kaitannya dengan sejarah pendidikan islam:
o
Sosiologi
o
Ilmu sejarah
o
Sejarah kebudayaan
·
Periodisasi sejarah pendidikan islam dibagi menjadi lima masa:
o
Masa Rasulullah SAW (571-632H)
§ Periode Makkah 13 tahun
§ Periode Madinah 10 tahun
o
Masa Khulafaurrasyidin (632-661H)
o
Masa Daulah Bani Umayyah di Damaskus (661-750H)
o
Masa Daulah Bani Abbasiyah di Baghdad (750-1250H)
o
Masa Runtuhnya Khilafah hingga sekarang (1250H-sekarang)
·
Pada zaman Rasulullah SAW dibagi menjadi dua periode
o
Periode makkah:
§ Menerima wahyu kerasulan
§ Melakukan dakwah secara
sembunyi-sembunyi selama tiga tahun
§ Mulai melaksanakan dakwah secara
terang terangan
§ Pendidikan keimanan (tauhid)
§ Pendidikan Al-Qur’an dengan qiraah
sab’ah
o
Periode Madinah:
§ Pembangunan Daulah Islamiyah untuk
yang pertama kalinya
§ Masa pembinaan kader-kader dakwah oleh
Rasulullah SAW
§ Meletakkan dasar budaya dan pendidikan
islam
§ Menyatukan kaum muhajirin dan anshor
ke dalam ukhuwwah islamiyah
§ Menghilangkan kesukuan yang ada dan
menyatukan di bawah bendera islam
§ Bekerja keras dan saling tolong
menolong
Pendidikan kebersamaan dengan mengutamakan
jamaah dengan system masjid
No comments:
Post a Comment