Thursday 7 February 2013

MATERI PEMBELAJARAN PAI



1.       CTL: contextual teaching and learning
a.      Membantu guru mengaitkan materi pembelajaran yang telah diberikan guru kepada siswa untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari
b.      Membantu siswa dalam proses belajar mengajar untuk menemukan sendiri pengetahuannya dan menghubungkannya kedalam praktek kehidupan sehari-hari
c.       Membantu guru mengaitkan antara materi pembelajaran yang diberikan terhadap siswa dengan kehidupan sehari-hari

2.       Pembelajaran kontekstual perlu karena, siswa banyak yang tidak bisa menghubungkan antara hasil belajar dengan kehidupan sehari-hari
3.      Karakteristik pembelajaran konstekstual:
a.      Dilaksanakan dalam konteks autentik atau diaplikasikan dalam kehidupan nyata
b.      Siswa diberi kesempatan untuk melaksanakan tugas yang bermakna
c.       Memberikan pendidikan kepada siswa dengan mengumpulkan pengalaman
4.      Komponen pembelajaran konstektual
a.      Kontruktifistik
b.      Questioning
c.       Inquiry
d.      Learning society
e.      Modelling
f.        Autentik assesment (Refleksi)
5.      Kontruktivisme adalah landasan filosofis bagi pembelajaran kontekstual, penekanan pembelajaran yang didasarkan atas penciptaan siswa yang produktif, inovatif, kreatif, dan menyeluruh.
6.      Prinsip-prinsip kontruktifisme:
a.      Proses pembelajaran lebih utama daripada hasil
b.      Informasi bermakna lebih penting daripada informasi verbalistis
c.       Siswa mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk menerapkan dan menemukan idenya sendiri
d.      Siswa diberi kebebasan untuk menerapkan strategi belajarnya
e.      Siswa tumbuh dan berkembang melalui pengalaman pribadi
f.        Pengalaman siswa dibangun secara asimilasi maupun asosiasi
7.      Questioning: kegiatan belajar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dengan cara bertanya.
8.      Kegunaan questoning dalam pembelajaran
a.      Menggali informasi dari siswa
b.      Mengecek pemahaman siswa
c.       Membangkitkan semangat siswa
d.      Mengetahui kadar keingintahuan siswa
e.      Mengetahui hal-hal yang telah diketahui oleh siswa
9.      Inquiry: sistem komponen belajar dengan menemukan atau researching
10.   Konsep dasar inquiry:
a.      Pengetahuan dan ketrampilan akan lebih lama diingat apabila siswa menemukannya sendiri
b.      Informasi yang diperoleh siswa akan lebih mantap jika diikuti dengan bukti dan data-data yang ditemukan sendiri oleh siswa
11.    Langkah kegiatan inquiry
a.      Merumuskan masalah
b.      Mengamati/ observasi
c.       Manganalisa hasil observasi
d.      Mengomunikasikan/menyajikan hasil belajar dengan orang lain
12.    Learning community: proses belajar yang hasilnya didapat dari sharing atau diskusi bersama teman-teman
13.   Prinsipnya
a.      Hasil belajar didapatkan dengan diskusi atau sharing
b.      Ada komunikasi multiarah
c.       Pengetahuan yang dimiliki seseorang dapat dimanfaatkan oleh orang lain
14.   Refleksi: perenungan kembali atas pelajaran yang baru dipelajari dari gurunya
15.   Authentic assesment: proses pengumpulan data yang bisa memberikan gambaran atau informasi tentang perkembangan pengalaman belajar siswa
16.   Prinsipnya
a.      Perenungan atas sesuatu pengetahuan yang baru diperoleh
b.      Perenungan atas kejadian aktifitas pengetahuan yang baru diperoleh
c.       Perenungan bisa berupa penilaian yang baru diterima berupa catatan singkat, hasil diskusi



17.   Konsep REACT
a.      Relating: belajar dalam konteks kehidupan nyata
b.      Experiencing: belajar dalam konteks explorasi penemuan dan penciptaan
c.       Applying: hasil belajar dalam penggunaan praktis
d.      Cooperating: berbagi informasi, pengalaman, saling merespon, saling berkomunikasi
e.      Transferring: pemanfaatan ilmu pengetahuan berdasarkan konteks baru untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman belajar yang baru
18.   Apersepsi: menyamakan atau menimbulkan kembali persepsi siswa terhadap pelajaran yang lalu dan sekarang
19.   Motivasi: proses mengajak siswa untuk belajar
20.  Fase Explorasi: anak mencari sendiri pengetahuan dari media, bacaan, pengalaman, kemudian menyimpulkan keseluruhannya dengan sendiri
21.    Asimilasi: pengetahuan baru yang didapat dari berbagai pengetahuan yang dimiliki
22.   Akomodasi: pengetahuan baru yang didapatkan dengan penyesuaian pengetahuan yang ada
23.   5 keyword dalam CTL
a.      Belajar dari kenyataan bisa diamati, dipratekkan dan dirasakan
b.      Belajar adalah berpikir tingkat tinggi
c.       Pembelajaran berpusat pada siswa
d.      Mengutamakan pengalaman nyata
e.      Menghasilkan pengetahuan nyata dalam kehidupan

No comments:

Post a Comment

PERANAN KELUARGA DALAM ISLAM

Keluarga mempunyai peranan penting dalam pendidikan, baik dalam lingkungan masyarakat Islam maupun no-Islam. Karena keluarga merupakan tempa...