Thursday 7 February 2013

METODE PEMBELAJARAN DENGAN CERAMAH


I.                   Latar Belakang
Dalam proses belajar mengajar, guru menggunakan berbagai macam metode mengajar yang mereka pilih untuk mendapatkan hasil maksimal dalam menyampaikan ilmu pengetahuan kepada murid-muridnya. Ada metode pembelajaran dengan ceramah, diskusi, demonstrasi[1], resitasi[2], percobaan[3] dan karya wisata[4].
Dari berbagai metode tersebut peneliti hanya mengambil satu variabel yaitu metode ceramah, yang mana sering digunakan mayoritas guru dalam proses belajar mengajar di kelas. Alasan kenapa banyak guru menggunakan metode ini adalah karena mudah bagi guru untuk melaksanakannya dan suasana kelas lebih dapat disiplin dan terkontrol.

Alhasil banyak murid yang merespon negatif terhadap metode klasik ini, mereka beralasan bahwa metode ini mudah membuat audience mengantuk dan kurang menarik. Akan tetapi banyak juga murid yang menyukai metode ini karena memiliki alasan yang tersendiri.
II.                Definisi Metode Ceramah
Metode Ceramah yaitu sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan daya beli dan daya memahami siswa[5].
Beberapa kelemahan metode ceramah:
1.      Membuat siswa di kelas terkesan pasif dalam mengikuti proses belajar mengajar
2.      Mengandung unsur paksaan dalam diri siswa untuk mengikuti kehendak guru
3.      Mengundang daya kritis dalam diri siswa
4.      Anak didik yang mengandalkan visual dalam belajar akan merugi sedangkan anak didik yang mengandalkan auditifnya akan lebih aktif menerimanya
5.      Sukar dan sulit mengontrol sejauh mana kompetensi belajar anak didik
6.      Kegiatan belajar mengajar terkesan verbalisme
7.      Bila metode ini memakan waktu lama akan menimbulkan rasa bosan
Metode ceramah ialah suatu cara penyajian bahan pelajaran dengan melalui penuturan (penjelasan lisan) oleh guru kepada siswa.[6]
Alasan penggunaan metode ini adalah:
1.      Agar perhatian siswa terarah selama proses belajar mengajar berlangsung
2.      Penyajian materi pelajaran bersifat sistematis (tidak berbelit-belit)
3.      Untuk merangsang siswa belajar dengan aktif
4.      Untuk memberikan feed back (balikan)
5.      Untuk memberikan motivasi belajar
Metode Ceramah digunakan dengan tujuan untuk:
1.      Menyampaikan informasi atau materi pelajaran
2.      Membangkitkan hasrat, minat dan motivasi siswa untuk belajar
3.      Memperjelas materi pelajaran
Manfaat dari metode ceramah adalah sebagai berikut:
1.      Dapat digunakan untuk menghadapi jumlah siswa yang besar
2.      Mudah dilaksanakan oleh guru
3.      Dapat digunakan sebagai pengantar atau menyimpulkan materi yang dipelajari
4.      Efisiensi waktu, karena terbatas sedangkan materi pelajaran cukup banyak
III.             Implementasi Metode Ceramah
Dalam metode ceramah, guru menerangkan dan murid mendengarkan informasi yang disampaikan oleh sang guru. Metode ini bisa mendapatkan hasil yang maksimal jika dilengkapi alat peraga

 atau media pembelajaran dalam bentuk gambar atau grafik yang digunakan untuk lebih memperjelas informasi[7].
Langkah-langkah pelaksanaan metode ceramah sangat bervariasi disesuaikan dengan metode-metode yang dipakai sebagai variasi:
1.      Persiapan
a.       Merumuskan tujuan pembelajaran khusus
b.      Menyusun urutan penyajian materi untuk mencapai tujuan pembelajaran khusus yang sudah ditetapkan
c.       Merumuskan materi ceramah secara garis besar
d.      Bila materi terlalu luas dapat dibagi menjadi beberapa penggalan
e.       Disarankan materi ceramah diperbanyak untuk dimiliki setiap siswa
2.      Pelaksanaan
a.       Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran khusus yang ingin dicapai setelah pelajaran berakhir
b.      Menjelaskan kepada siswa pelaksanaan metode ceramah bervariasi, misalnya: ceramah yang disertai dengan tanya jawab, diskusi kelompok kecil dan ditutup dengan laporan kelas.
c.       Membagikan materi ceramah kepada siswa
d.      Menyajikan materi ceramah
e.       Tanya jawab
f.        Guru mengkomunikasikan hal-hal yang harus didiskusikan dalam kelompok kecil dan waktu yang disediakan untuk berdiskusi
g.       Pembentukan kelompokan kecil terdiri dari lima atau tujuh orang
h.      Pelaksanaan diskusi kelompok dalam batas waktu yang sudah ditetapkan
i.        Membuat kesepakatan satu kelompok untuk melaporkan dimuka kelas, dan kelompok-kelompok yang lain sebagai pengulas
j.        Penyampaian laporan kelompok-kelompok yang telah ditetapkan
k.      Mengatur jalannya pengulasan oleh kelompok-kelompok yang lain
l.        Diskusi kelas berakhir
Metode Ceramah ini merupakan metode umum yang digunakan kebanyakan guru-guru dalam menyampaikan pelajarannya. Adapun alasan-alasan yang menyebabkan metode ini masih eksis[8]:
1.      Adanya persepsi sebagian guru yang merasa belum benar-benar belajar jika tidak menjelaskan secara panjang lebar dengan metode ceramah
2.      Guru kurang menguasai metode mengajar selain metode ceramah
3.      Karena dari berbagai faktor metode ini paling mudah: peralatan, persiapan, waktu.

IV.              Referensi

Sugiyono, Prof.Dr Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Penerbit Alfabeta, Bandung, 2010.












KISI-KISI INSTRUMEN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENGETAHUI KETEPATAN METODE CERAMAH DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI KELAS KULIAH FAKULTAS TARBIYAH SEMESTER 4 2011
1.      Populasi dan Sampel:
a.       Penelitian akan dilakukan di Institut Studi Islam Darussalam
b.      Sampel yang diambil adalah Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Semester 4 Periode 2011
2.      Skala Pengukuran dan Instrumen Penelitian
a.       Skala Pengukuran yang akan digunakan adalah skala likert. Yaitu digunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial

VARIABEL PENELITIAN
INDIKATOR
NO ITEM INSTRUMEN
Metode Ceramah
1.      Penyampaian Informasi secara lisan
2.      Sikap Murid yang mendengarkan
3.      Materi yang disampaikan
4.      Suasana kelas yang kondusif ketika belajar
5.      Penggunaan alat peraga ketika proses belajar mengajar
1,3,5
2,4,6,15
7,11,12
8,13,14
9,10

b.      Instrumen yang diperlukan untuk mengungkapkan ketepatan variabel Metode Ceramah yang digunakan dosen saat proses belajar mengajar. Sumber datanya adalah mahasiswa peserta kuliah dari dosen yang dinilai. Bentuk angketnya adalah multiple choice (pilihan ganda)
Mohon dijawab pertanyaan-pertanyaan berikut dibawah ini sesuai dengan hasil pengamatan saudara.
1.                  Dosen datang ke kelas dan langsung membagikan tugas lalu membaca absen dan menutup perkuliahan tanpa adanya penjelasan tentang materi kuliah.
a.       Setuju
b.      Ragu-ragu
c.       Tidak setuju



2.                  Anda mengantuk di kelas, karena penjelasan dosen terlalu membosankan.
a.       Selalu
b.      Kadang-kadang
c.       Tidak pernah
3.                  Dosen anda menyampaikan tujuan pembelajaran umum yang ingin dicapai sebelum perkuliahan dimulai.
a.       Selalu
b.      Kadang-kadang
c.       Tidak pernah
4.                  Anda berusaha datang tepat waktu karena apabila terlambat anda tidak akan dapat mengikuti atau memahami penjelasan dosen.
a.       Setuju
b.      Ragu-ragu
c.       Tidak setuju
5.                  Selain menyampaikan materi apakah dosen pernah memberi nasehat-nasehat kepada anda sebelum menutup perkuliahan
a.       Selalu
b.      Kadang-kadang
c.       Tidak pernah
6.                  Anda tidak paham semua penjelasan dosen. Tapi anda malu untuk bertanya.
a.       Selalu
b.      Kadang-kadang
c.       Tidak pernah
7.                  Dengan mendengarkan penjelasan dosen saja, anda sudah tidak perlu menambah pemahaman dengan membuka buku literatur.
a.       Setuju
b.      Ragu-ragu
c.       Tidak setuju
8.                  Saat dosen menyampaikan materi kuliah, semua mahasiswa diam, tenang dan antusias.
a.       Selalu
b.      Kadang-kadang
c.       Tidak pernah

9.                  Ketika menjelaskan materi kuliah, dosen menampilkan slide presentasi untuk meningkatkan pemahaman anda terhadap materi.
a.       Selalu
b.      Kadang-kadang
c.       Tidak pernah
10.              Selain menjelaskan materi dosen juga harus menulis di papan tulis apa yang harus dicatat oleh mahasiswa.
a.       Setuju
b.      Ragu-ragu
c.       Tidak setuju
11.              Anda selalu membawa buku rujukan materi; untuk membantu anda dalam memahami penjelasan dosen.
a.       Setuju
b.      Ragu-ragu
c.       Tidak setuju
12.              Materi yang disampaikan oleh dosen benar-benar cocok dan persis seperti yang ada di buku literatur.
a.       Selalu
b.      Kadang-kadang
c.       Tidak pernah
13.              Anda merasa dipaksa untuk mendengarkan penjelasan dosen ketika kuliah berlangsung
a.       Setuju
b.      Ragu-ragu
c.       Tidak setuju
14.              Dosen mengadakan diskusi kelompok yang melibatkan anda dan teman mahasiswa secara aktif.
a.       Selalu
b.      Kadang-kadang
c.       Tidak pernah
15.              Anda mengobrol atau bermain dengan ponsel anda ketika dosen sedang menyampaikan materi kuliah
a.       Selalu
b.      Kadang-kadang
c.       Tidak pernah


[1] Demonstrasi: adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan baik secara langsung atau menggunakan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan               
[2] Resitasi: adalah suatu metode mengajar dimana siswa diharuskan membuat resume dengan kalimat sendiri dengan sistem penugasan yang dikerjakan secara mandiri
[3] Percobaan: adalah metode pemberian kesempatan kepada anak didik perorangan atau kelompok, untuk dilatih melakukan suatu proses atau percobaan
[4] Karya Wisata: adalah suatu metode mengajar yang dirancang terlebih dahulu oleh pendidik dan diharapkan siswa membuat laporan dan didiskusikan bersama dengan peserta didik yang lain serta didampingi oleh pendidik yang kemudian dibukukan menjadi satu.
[5] http://nunung_nn.student.fkip.uns.ac.id/files/2010/01/Macam2-metode-pembelajaran.doc
[6] http://www.scribd.com/doc/13065635/Metodemetode-pembelajaran
[7] http://www.suparlan.com/pages/posts/metode-tanya-jawab-dan-ceramah-masih-mendominasi-proses-pembelajaran-matematika-di-sltp-apa-arti-dan-implikasinya24.php
[8]  http://panduan-skripsi.blogspot.com/2011/01/alasan-menggunakan-metode-ceramah.html

1 comment:

  1. Sukron katsir...emoga allah memberikan keberkahan kepada anda

    ReplyDelete

PERANAN KELUARGA DALAM ISLAM

Keluarga mempunyai peranan penting dalam pendidikan, baik dalam lingkungan masyarakat Islam maupun no-Islam. Karena keluarga merupakan tempa...