Thursday 7 February 2013

NASKAH VIDEO CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP


A. LATAR BELAKANG
Guru adalah seseorang yang sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Tanpa adanya guru, kecil kemungkinan siswa dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan maksimal. Namun pada suatu saat guru juga dapat menghadapi kesulitan dalam proses pembelajaran. Misalkan pada saat memberikan pembahasan materi mengenai suatu pokok bahasan, banyak siswa yang kurang mengerti terhadap materi yang dijelaskan. Hal ini terjadi karena guru hanya menjelaskan pelajaran yang sulit dimengerti dengan kata-kata saja, meskipun telah diselingi dengan contoh.
Berdasarkan kenyataan tersebut peran media dalam pembelajaran sangatlah besar untuk membantu proses pembelajaran itu sendiri. Dalam menjelaskan pokok bahasan kepada siswanya, guru dapat menggunakan media yang sesuai, baik itu media audio, visual, ataupun media audio visual.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan dari manusia lebih dapat memahami dan mengerti apa yang dilihat dan didengar secara langsung oleh panca inderanya. Berdasarkan hal tersebut di atas, saya membuat sebuah media pembelajaran yang berbentuk audio visual. Media ini adalah media video pembelajaran yang berjudul “Ciri-Ciri Mahluk Hidup”. Dengan media ini, diharapkan dapat membantu guru maupun siswa untuk memaksimalkan proses pembelajaran.
B. SASARAN ATAU AUDIENS
Program video pembelajaran ini ditujukan kepada siswa-siswi SMP/MTs kelas VII semester I, pada mata pelajaran Biologi.
C. TUJUAN PROGRAM
Setelah menyaksikan dan menyimak program video pembelajaran ini, diharapkan siswa-siswi dapat:
  • Mengerti dan memahami ciri-ciri dari mahluk hidup, seperti bernafas, bergerak, makan dan minum, tumbuh, berkembang biak, peka terhadap rangsangan, dan mengeluarkan zat sisa.
  • Membedakan mahluk hidup dengan benda mati.
D. DURASI WAKTU
Durasi waktu video pembelajaran ini yaitu 25 menit.

E. FORMAT PROGRAM
Program ini menggunakan format video dokumenter.
F. GARIS BESAR ISI PROGRAM
Dalam video pembelajaran ini berisi tentang ciri-ciri mahluk hidup, seperti:
  • Bernafas (Respirasi)
  • Bergerak
  • Memerlukan makanan dan minuman
  • Tumbuh
  • Berkembang biak (Reproduksi)
  • Peka terhadap rangsangan (Iritabilitas)
  • Mengeluarkan zat sisa (Ekskresi)
G. SINOPSIS
Program ini menampilkan sebuah video dokumenter tentang ciri-ciri mahluk hidup dengan durasi waktu 25 menit. Tampilan awal dimulai dengan intro atau pembukaan dengan menampilkan beberapa gambar mahluk hidup dan benda mati., lalu diikuti dengan judul dari video ini. Setelah itu bagian-bagian film dari shot-shot dan sekuen-sekuen dokumenter yang menceritakan tentang ciri-ciri mahluk hidup, mulai dari bernafas sampai ekskresi ditampilkan.
Dari penampilan tersebut diselingi dengan penampilan presenter yang menjelaskan tentang pengertian dari berbagai macam ciri mahluk hidup tersebut, dan juga beberapa teks atau tulisan tentang ciri-ciri mahluk hidup. Selain itu terdapat juga musik-musik pengiring, baik musik pembukaan, musik pengiring shot, musik jeda, dan musik penutupnya.
H. TREATMENT PROGRAM
  1. Pada awal program ditampilkan beberapa gambar mahluk hidup dan benda mati, yang diikuti dengan caption “Mempersembahkan Video Pembelajaran” yang dilanjutkan dengan caption “Ciri-Ciri Mahluk Hidup” sebagai judul program, dan caption “Untuk Kelas VII SMP/MTs” sebagai penanda video ini untuk siapa, serta caption “Selamat Menyaksikan” sebagai tanda bahwa film akan dimulai.
  2. Selanjutnya memperlihatkan potongan-potongan shot yang pendek dari ciri-ciri mahluk hidup.
  3. Lalu presenter berbicara sebagai pembukaan video yang menjelaskan garis besar isi video pembelajaran tersebut.
  4. Dimulai dari shot-shot film yang menggambarkan ciri mahluk hidup yang pertama yaitu bernafas, dan diiringi dengan suara presenter yang memberikan penjelasan tentang gambarnya. Begitu seterusnya sampai semua shot tentang ciri mahluk hidup habis.
  5. Di akhir film shot-shot pendek kembali ditangkan untuk mengingatkan kembali, lalu diikuti dengan presenter yang berbicara dan menyimpulkan isi film tentang ciri-ciri mahluk hidup tersebut serta mengatakan bahwa film tersebut telah selesai.
  6. Bagian paling akhir menayangkan kerabat kerja produksi film video pembelajaran, yang diikuti dengan caption “Sekian Dan Terima Kasih”.
I. SHOOTING SCRIPT
No
Visual
Audio
1
In BlackWipe
LS: Orang Berlari, Pohon, Batu, Sepeda Motor
Musik Pembuka:Fade In: In-Up-Normal-Down
2
Fade InLS: Orang Berlari dan CU Caption “MEMPERSEMBAHKAN VIDEO PEMBELAJARAN”
Fade Out
Musik:Fade In: Up-Normal
3
Fade InCU Caption Judul “CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP”
Fade Out
Musik:Normal
4
Fade InCU Caption “UNTUK KELAS VII SMP/MTs”
Fade Out
Musik:Normal
5
Fade InCU Caption “SELAMAT MENYAKSIKAN”
Fade Out
Musik:Fade Out: Normal-Down-Out
6
In Black
Musik Penunggu
7
DissolveMCU: Orang yang sedang merokok
MCU: Orang yang sedang makan
MS: Orang yang sedang berlari
LS: Anak kecil, orang dewasa, dan orang tua
Cut
Musik Tema:Fade In: In-Up-Normal-Down
8
Fade InMS: Presenter berdiri di taman dekat pohon-pohonan
Fade Out
Musik Latar:Fade In-Normal-Down
Live:
Adik-adik siswa-siswi yang saya banggakan. Dalam video pembelajaran ini, akan menayangkan film yang membahas tentang ciri-ciri mahluk hidup.
Setelah menyaksikan video ini, adik-adik diharapkan dapat mengerti dan memahami tentang ciri-ciri mahluk hidup, serta dapat membedakannya dengan benda mati.
9
DissolveIn Black
CU Caption “CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP”
CU Caption “BERNAFAS (RESPIRASI)”
Musik Smash
10
DissolveMS: Orang-orang yang sedang merokok
MS: Orang menghela nafas ngos-ngosan
LS: Sapi yang sedang duduk
CU: Ikan berenang
ECU: Ikan berenang
Fade Out
Musik Latar:Fade In-Up-Normal-Down
Off Screen Voice (OSV)
Ciri mahluk hidup yang pertama adalah bernafas atau respirasi. Bernafas yaitu proses pengambilan oksigen dari luar tubuh untuk proses pembakaran bahan makanan di dalam tubuh, dan mengeluarkannya dalam bentuk karbondioksida. Manusia dan hewan mamalia menggunakan paru-paru mereka untuk bernafas, sedangkan hewan laut menggunakan insang untuk pernafasan mereka.

No comments:

Post a Comment

PERANAN KELUARGA DALAM ISLAM

Keluarga mempunyai peranan penting dalam pendidikan, baik dalam lingkungan masyarakat Islam maupun no-Islam. Karena keluarga merupakan tempa...