Thursday 7 February 2013

SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM

             Membaca sejarah berarti “belajar”, sedangkan tujuan belajar sejarah adalah ja’lu talamidz yata’allamun
·                   The past experience of mandkind
·         Menurut sayyid quthub sejarah adalah tafsiran peristiwa
·         Menurut ibnu khaldun sejarah sebagai ilmu
·         Sejarah: adalah rekaman peristiwa di masa lampau
·               Sejarah Pendidikan: adalah proses munculnya kesadaran akan pentingnya pendidikan sejak dahulu hingga sekarang
·         Sejarah Islam: sejarah yang menerangkan kehidupan agama islam sejak nabi adam hingga Rasulullah SAW.
         Sejarah Pendidikan Islam: keterangan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam dari waktu ke waktu yang lain, sejak zaman lahirnya islam sampai dengan masa sekarang dan Cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam, baik dari segi ide dan konsepsi maupun segi institusi dan operasionalisasi sejak zaman nabi Muhammad saw sampai sekarang (zuhairini);
·         Sedangkan metode yang dipakai dalam penggalian penulisan sejarah pendidikan islam ada tiga yaitu:
o   Metode lisan: metode ini melacak suatu obyek sejarah dengan menggunakan interview
o   Metode dokumentasi: dalam hal ini obyek sejarah diamati secara langsung
o   Metode observasi: dimana dengan metode ini berusaha mempelajari secara cermat dan mendalam segala catatan atau dokumen tertulis
·         Obyek kajian sejarah pendidikan islam adalah fakta-fakta pendidikan islam berupa informasi tentang pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam baik formal, informal dan non formal
·         Mengenai metode sejarah pendidikan islam, walaupun terdapat hal-hal yang sifatnya khusus, berlaku kaidah-kaidah yang ada dalam penulisan sejarah
o   menguasai alat-alat analisis untuk menilai kebenaran materi-materi sebenarnya
o   mempunyai sesuatu kerangka berpikir kritis baik dalam mengkaji materi
o   Untuk memahami sejarah pendidikan islam diperlukan suatu pendekatan atau metode yang bisa ditempuh adalah keterpaduan antara metode deskriptif, metode komparatif dan metode analisis sistensis
·         Rasulullah SAW sebagai tokoh sejarah pendidikan islam
·         ôs)©9 tb%x. öNä3s9 Îû ÉAqßu «!$# îouqóé& ×puZ|¡ym `yJÏj9 tb%x. (#qã_ötƒ ©!$# tPöquø9$#ur tÅzFy$# tx.sŒur ©!$# #ZŽÏVx. ÇËÊÈ
·         21.  Sesungguhnya Telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.
·         ö@è% bÎ) óOçFZä. tbq7Åsè? ©!$# ÏRqãèÎ7¨?$$sù ãNä3ö7Î6ósムª!$# öÏÿøótƒur ö/ä3s9 ö/ä3t/qçRèŒ 3 ª!$#ur Öqàÿxî ÒOÏm§ ÇÌÊÈ
·         31.  Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
·         ö@è% $ygƒr'¯»tƒ ÚZ$¨Z9$# ÎoTÎ) ãAqßu «!$# öNà6ös9Î) $·èŠÏHsd Ï%©!$# ¼çms9 ہù=ãB ÏNºuq»yJ¡¡9$# ÇÚöF{$#ur ( Iw tm»s9Î) žwÎ) uqèd ¾ÇósムàMÏJãƒur ( (#qãYÏB$t«sù «!$$Î/ Ï&Î!qßuur ÄcÓÉ<¨Y9$# ÇcÍhGW{$# Ï%©!$# ÚÆÏB÷sム«!$$Î/ ¾ÏmÏG»yJÎ=Ÿ2ur çnqãèÎ7¨?$#ur öNà6¯=yès9 šcrßtGôgs? ÇÊÎÑÈ
·         158.  Katakanlah: "Hai manusia Sesungguhnya Aku adalah utusan Allah kepadamu semua, yaitu Allah yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, yang menghidupkan dan mematikan, Maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya) dan ikutilah Dia, supaya kamu mendapat petunjuk".
·         Dengan mengkaji sejarah akan bisa memperoleh informasi tentang pelaksanaan pendidikan islam dari zaman Rosulullah sampai sekarang mulai dari pertumbuhan, perkembangan, kemajuan, kemunduran, dan kebangkitan kembali tentang pendidikan islam
·         Dari sejarah dapat diketahui segala sesuatu yang terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan islam dengan segala ide, konsep, intitusi, sistem, dan operasionalisnya yang terjadi dari waktu ke waktu, jadi sejarah pada dasarnya tidak hanya sekedar memberikan romantisme tetapi lebih dari itu merupakan refleksi historis. Dengan demikian belajar sejarah pendidikan islam dapat memberikan semangat (back projecting theory)
·         Kegunaan sejarah pendidikan islam dari segi akademis:
o   Mengetahui dan memahami pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam, sejak zaman lahirnya sampai masa sekarang
o   Mengambil manfaat dari proses pendidikan islam, guna memecahkan problematika pendidikan islam pada masa kini
o   Memiliki sikap positif terhadap perubahan-perubahan dan pembaharuan-pembaharuan sistem pendidikan islam
·         Ilmu yang erat kaitannya dengan sejarah pendidikan islam:
o   Sosiologi
o   Ilmu sejarah
o   Sejarah kebudayaan
·         Periodisasi sejarah pendidikan islam dibagi menjadi lima masa:
o   Masa Rasulullah SAW (571-632H)
§  Periode Makkah 13 tahun
§  Periode Madinah 10 tahun
o   Masa Khulafaurrasyidin (632-661H)
o   Masa Daulah Bani Umayyah di Damaskus (661-750H)
o   Masa Daulah Bani Abbasiyah di Baghdad (750-1250H)
o   Masa Runtuhnya Khilafah hingga sekarang (1250H-sekarang)
·         Pada zaman Rasulullah SAW dibagi menjadi dua periode
o   Periode makkah:
§  Menerima wahyu kerasulan
§  Melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi selama tiga tahun
§  Mulai melaksanakan dakwah secara terang terangan
§  Pendidikan keimanan (tauhid)
§  Pendidikan Al-Qur’an dengan qiraah sab’ah
o   Periode Madinah:
§  Pembangunan Daulah Islamiyah untuk yang pertama kalinya
§  Masa pembinaan kader-kader dakwah oleh Rasulullah SAW
§  Meletakkan dasar budaya dan pendidikan islam
§  Menyatukan kaum muhajirin dan anshor ke dalam ukhuwwah islamiyah
§  Menghilangkan kesukuan yang ada dan menyatukan di bawah bendera islam
§  Bekerja keras dan saling tolong menolong
Pendidikan kebersamaan dengan mengutamakan jamaah dengan system masjid

No comments:

Post a Comment

PERANAN KELUARGA DALAM ISLAM

Keluarga mempunyai peranan penting dalam pendidikan, baik dalam lingkungan masyarakat Islam maupun no-Islam. Karena keluarga merupakan tempa...